Kapolda Riau Silaturahmi ke Bawaslu

TERAS RIAU PEKANBARU – Bertempat di aula Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau dijalan Adi Sucipto Pekanbaru, Kapolda Riau diterima Ketua Bawaslu dalam safari silaturahminya Selasa (11/1/2022)

Kapolda Riau Irjen M Iqbal hadir bertepatan berlangsungnya rapat anev pelaksanaan tugas Bawaslu tahun 2021 dan kesiapan tugas tahun 2022 yang diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten se Provinsi Riau.

Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan S.Ag MPd.I mengatakan pihaknya sangat berterimakasih dengan hadirnya Kapolda dikantor Bawaslu Riau.

“Terimakasih pak Kapolda, selamat datang kembali di Riau, kehadiran pak Kapolda bertepatan dengan kegiatan anev jajaran Basawlu, kami ingin minta masukan tentang evaluasi pelaksanaan kegiatan selama tahun 2021 dan planing kedepan untuk pelaksanaan kegiatan tahun 2022,” ujar Rusidi.

Menurut Rusidi, selama ini Sentra Gakkumdu telah mendapatkan apresiasi besar dari Bawaslu pusat karena prestasi dan inovasi yang sudah dilakukan.

“Capain prestani ini tidak lepas dari peran serta aktif kepolisian Polda Riau. Kami berharap kepada pak Kapolda agar sinergi yang baik selama ini terus kita jalankan. Dengan pertemuan silaturahim yang baik ini, meneruskan dan kedepan akan terjalin kerja sama yang baik dan masukan dari Kapolda sebagai nahkoda bagi kami dalam bekerja,” sambung Rusidi.

Irjen Iqbal mengatakan dirinya memahami bagaimana posisi tugas Bawaslu calam mengawal jalannya demokrasi.

“Saya paham betul bagaimana posisi tugas Bawaslu dalam hal mengawal pemilu, pertama melakukan pengawasan terhadap seluruh tahap proses penyelenggaraan pemilu dalam rangka pencegahan dan penindakan pelanggaran Pemilu. Kedua, menerima dan mengkaji laporan mengenai dugaan pelanggaran ketentuan administrasi pemilu dan dugaan pelanggaran ketentuan pidana pemilu,” ujar Iqbal.

Iqbal menilai Bawaslu sebagai mitra strategis Kepolisian dan perlunya terus menjalin kerja sama.

“Tugas Bawaslu dan Kepolisian untuk mendekat kepada masyarakat, kita harus paham tindakan tindakan kita aksi aksi kita harus bermanfaat bagi masyarakat. Rasa cinta dan rasa memiliki untuk provinsi Riau terus kita tumbuhkan dan saya berkomitmen untuk saling mengisi untuk proses demoktasi bersama Bawaslu,” sambungnya

Iqbal juga menegaskan pentingnya dua integritas karakter yang sangat dibutuhkan oleh Bawaslu dalam mengawal demokrasi, yakni karakter kerja dan akhlak yang harus berjalan seimbang.