Vaksin Ditempat! ‘Terjaring’ 19 orang dalam Operasi Lilin Lancang Kuning Polres Kuansing

TELUKKUANTAN,- Hari Pertama Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 Polres Kuantan Singingi, jaring 19 orang pengendara belum Vaksin dosis I, serta satu orang vaksin dosis II, di Pos Pengamanan jalan lintas Teluk Kuantan menuju Kiliran Jao Jumat (24/12/2021) sekira pukul 08.00 WIB.

Kegiatan Operasi pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2021, sekaligus memeriksa pengendara atau pengguna jalan yang belum melakukan vaksin dan juga dilakukan ‘Test Swab’ terhadap pengguna jalan yang melintas di Pos Pengamanan.
Wilayah Polres Kuansing terdapat 3 Pos Pemeriksaan dan Pelayanan antara lain ; 1. Pos Kasang di Kuantan Mudik, perbatasan kabupaten Kuansing – provinsi Sumbar, 2. Pos Tanjung Pauh, jalur perbatasan kabupaten Kuansing – Kabupaten Kampar, 3. Pos Pesikaian jalur perbatasan KabupatenKuansing – Kabupaten Inhu.

Kegiatan operasi sudah berjalan mulai hari ini, Jum’at 24 Desember 2021, dimana! dalam pelaksanaan pemeriksaan mobilitas orang dan kendaraan, seperti di Pos Pesikayan Cerenti, telah dilakukan penempelan stiker di mobil yang penumpang dan pengemudi, telah terpenuhi syarat jalan dan sudah vaksin, dodis satu dan dodis 2.

Sedangkan pada Pos Desa Kasang Kuantan Mudik, telah ditemukan orang yang melakukan mobilitas melewati jalur lokasi pos belum dilengkapi surat jalan dari Pos PPKM Mikro di desa Asal dan ada yang belum melakuksn Vaksin,” ujar Kapolsek Kuantan Mudi Iptu Ferry M Fadillah, SH dalam keterangan resminya melalui Kasi Humas Polres Kuansing.

Dijelaskannya, operasi yang dilaksanakan pagi itu, merupakan bagian rangkaian kegiatan Operasi lilin Lancang Kuning 2021 untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun baru.

“Kenderaan yang melewati Jalan Lintas Teluk Kuantan – Kiliran Jao yang datang dari Propinsi Sumbar maupun dari Propinsi Riau, kita lakukan penyetopan, melakukan sweeping atau razia surat keterangan vaksin melalui barcode aplikasi peduli lindungi,” katanya.

Bagi yang kedapatan, belum melakukan vaksinasi, kita arahkan melakukan vaksin ditempat dan sekaligus dilakukan Test Swab antigen.

Sesuai rincian terdapat 9 orang pengendara di lakukan Test swab antigen dengan hasil non reaktif atsu negatif. Selain itu ada 20 orang diarahkan untuk Vaksin di tempat dosis I sebanyak 19 orang dan 1 orang dosis II.

Adapun personil yang terlibat dalam kegiatan di Pos Desa Kasang pagi tadi hingga siang, Masni, S.ST, M.KM (Kepala UPTD Kes Lubuk Jambi), Iptu Mara Enda (Kaposyan Desa Kasang), Personil Polri 7 Orang, Personil Dishub 3 Orang, Satpol PP 2 Orang, Nakes 9 Orang, Senkom 2 Orang, Tenaga Kesehatan UPTD Kes Lubuk Jambi,” terang Kasi Humas Polres.

Hal tersebut dilakukan petugas di Pos pos yang ada di tiga lokasi di setiap perbatasan antara kabupaten Kuansing dengan Kabupaten Kampar, Inhu dan Kiliran Jao Provinsi Sumbar, ” tutup Kasi Humas

Editor: Karta Atmaja

Sumber : Humas Polres Kuansing