Hari Guru Nasional, Apakah Anda seorang Guru yang Baik? Oleh: Asrin Hamzah

Opini454 Views

TERAS RIAU Pekanbaru -Apakah Anda seorang Guru yang Baik?, oleh Asrin hamzah, Pensiunan Guru.

Refleksi Peringatan Peringatan Hari Guru Nasional. (25/11/2021)

Bagaimana saya tau bahwa saya seorang guru yang baik ? Dapatkah saya belajar untuk menjadi seorang guru yang baik ?Atau apakah ini bakat yg harus dimiliki dari lahir ? Beberapa pertanyaan ini harus dimiliki oleh seorang guru dan jawabannya, sehingga Anda adalah seorang guru yg baik.

Ruang kelas adalah sebuah miniatur teater ygmana kelas menyimpan penonton penonton kecil. Anda adalah sang Bintang Pertunjukan. Ketika anda berdiri pertama kali diatas panggung penonton penonton kecil anda menjadi terlihat lebih besar, semakin tetang lampu sorot Anda semakin cepat pulah Anda akan menatap penonton penonton Atau sebaliknya. Kemudian akan mungkin berbagi panggung dgn murid murid Anda tersebut, tetapi sebelum murid murid Anda belajar peran mereka, Anda harus belajar ditengah panggung.

Dengan tidak bermaksud berpose tegap dan sombong didepan kelas, Anda harus mempunyai pertunjukan yg harus ditunjukkan dengan tujuan tujuan tertentu yg harus dipenuhi. Tanggung jawab Anda adalah mengarahkan peran Anda utk melalui dan mencapai tujuan tujuan tertentu. Peran mereka murid murid adalah mengikuti, meskipun dapat pula diterima perubahan perubahan yg dapat mereka ajukan secara sepontan.

Murid Anda akan kedapat sinyal sinyal dari anda, oleh karena itu sangat la penting Anda berpikir sebelum naik pangging dgn kata lain, persiapan mengajar yg baik, perangkat pembelajaran yg lengkap dan bagus sebelum mengajar yg baik, bagaimana Anda akan membawa karakter Anda, Kesan seperti apa yg akan anda gambarkan kepada murid murid Anda. Bagaimana Anda ingin mereka memandang Anda ? Apakah Anda ingin memandang Anda sebagai ahli sains, teman gaul yg tau matematika luar dalam, kutu buku yg kreen, guru yg paling unit dan kreen didunia, polisi tatabahasa, seorang humoris yg tau tentang semua sejarah, guru sastra atau sains yg serius, jurnalist yg tangguh atau pelatih yg kuat sekaligus lembut.

Guru terbagi dalam tiga rasa dasar super, excellent, dan good. Rasa apa yg anda inginkan sebagai guru tergantung kepada kekuatan personal Anda. Hubungan pertemanan, tujuan profesional dan prioritas individual Anda. Sebelum Anda mulai mengajar, pikirkan la dgn serius berapa banyak waktu dan energy emosional Anda yg dapat Anda berikan untuk dapat bekerja diluar rumah. Lihat kembali kehidupan Anda, hubungan hubungan Anda, jika Anda sulit utk memandang kehidupan Anda secara objektif, diskusikan terlebih dahulu dgn orang orang terdekat Anda sebelum Anda ingin menjadi seorang guru yg baik.

Mengajar dgn super membutuhkan energy fisik, emosi dan mental yg sangat tinggi. Guru guru super biasa nya tiba lebih awal disekolah dan pulang paling akhir.

Mereka juga meghadiri seminar seminar dan melanjutkn kulyah pendudikan, sukarelawan bagi kegiatan murid, dan memberikan dirinya bagi murid murid yg membutuh bantuan ekstra didalam maupun diluar kelas. Karena guru yg super menikmati hubungan yg solid dgn para murid nya, mereka tidak se lalu berfokus pada beberapa banyak waktu atau energi untuk menerapkan disiplin di kelas mereka.

Guru yg excellent menikmati pekerjaan mereka, tetapi mereka membatasi jumlah waktu dan energi yg mereka baktikn untuk mengajar. Megajar dgn excellent membutuhkan pengeluaran energi yg lebih sedikit dibandingkan dgn mengajar super, tetapi mengajar excellent tetap dapat membuat Anda lelah, jika Anda tidak hati hati, beri waktu untuk menjaga diri Anda sendiri dan keluarga Anda. Anda harus juga menghabiskn malam malam anda utk mengembangkan pelajaran dan keterampilan Anda lewat perangkat mengajar Anda.

Guru yg Good, Mengerjakan pekerjaan mereka dengan baik, tetapi mereka memahami batasan mereka sendiri. Mereka akan membuat batasan yg jelas antara profesionalitas dan waktu pribadi. Mereka memperlakukan murid nya dengan sangat hormat dan mereka melakukn yg terbaik untuk semua murid nya untuk mempelajari materi yg disajikannya.

Ingatlah tampa memandang apakah Anda memiliki untuk menjadi seorang guru yg super, excellent atau good, karena guru juga seorang manusia. Anda tetap seorang guru yg memberi sumbangan kepada masyarakat dan menjalankn tugas yg sangat mulia. Apalagi pendidik kita sekarang adalah pendidikan berakhlak, berkarakter, Cerdas dan mandiri, yakni berakhlak cerdas dan mandiri, berkarakter yg memerlukan contoh, standar isi yg jelas, materi yg eksplisit, mengarah kepada kebiasaan, lingkungan yg aman, kenyatan pola asuh dan evaluasi berkarakter, berakhlak, cerdas dan mandiri. Ini jelas akan menambah profesional guru yang menjadi sangat terhormat, mulia dan berperan penting dalam masyarakat. Dan perlu diingat bila Anda berperan berpura pura menjadi seorang yg tidak mengenali diri Anda sendiri sebagai seorang guru, ini adalah ide yg paling buruk dan pasti akan gagal, karena murid murid sangat pandai dalam menilai denga cepat karakter guru mereka apalagi dizaman serba yg canggi sekarang.

Konon Presiden John F Kennedy, perna marah dalam suatu rapat kerja kabinet, ketika mendengar pesawat ruang angkasa tampa awak Soviet telah lebih dulu mendarat dibulan. “What did you do in the classroom ? ( Apa yg telah Anda lakukan di kelas ?) begitu jauh hubungan antara teknologi ruang angkasa dengan ruang kelas, sebuah pertanyaan yg sangat mendasar bagwa Anda sebagai Guru sangat sangat terhormat dan berperan penting untuk kemajuan sebuah Negara.

Anda tahu bahwa Anda menghabiskan waktu hidup untuk mencapai tujuan yg terhormat dan hidup Anda mempunyai tujuan.
Mengajar memang memberi tantangan dan kesempatan yg tiada habis nya untuk berkembang. Setuap hari mengajar akan menguji keterampilan komunikasi interpersonal Anda, pengetahuan akdemik Anda ataupun kemapuan kepemimpinan Anda.

Selamat kpd seluruh murid murid saya yg puluhan ribu banyak tamatan di kota Talukkuantan maupun di Pekanbaru, yang kini dimanapun berada diseluruh Indonesia yg telah sukses maupun yg belum. Salam Sehat, berkah selalu dari guru mu.

penulis, drs. Asrin hamzah, adalah Pensiunan Guru yg punya pengalanan mendidik 40 thn baik di SD, SMPN, SMA Swasta maupun Negeri dn STMN.