oleh

Sebelum Turun Kesawah, Petani di Simandolak Berdo’a

TERAS Riau Benai-Sebelum turun kesawah, para petani warga desa Simandolak, kecamatan Benai, berdoa bersama, 19 September 2021. Di Simandolak.

Kepala desa Simandolak, Pikri, menyebutkan! “Turun kesawah tahun ini, adalah program indeks penanaman 2kali setahun (IP200), sebelumnya, para petani sudah selesai memanen (tahun godang)” ujar Pikri melalui keterangan tertulisnya, pada Minggu, 19 September 2021.

Loading...

Kemudian, program IP 200 itu adalah lanjutan, dimana biaya pengelolaan lahan dan benih disiapkan oleh desa dengan menggunakan dana desa anggaran tahun 2021.

Program IP 200 di adakan dalam upaya untuk menjaga ketahanan pangan di Kecamatan Benai umumnya, desa Simandolak khususnya.

Doa bersama dihadiri dt. Penghulu Panduko Jolelo, Hamdan Khairil, Alim ulama, tokoh masyarakat, PBD, Pemerintah desa, penyuluh pertanian dan para petani yang akan turun esok 20 September 2021, pagi.

Baca Juga :  Terkait PETI di Desa Sungai Ala, Pungli Seperti Teroganisir.

Dalam sambutan dt. Penghulu menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa yang telah melaksanakan kegiatan program ketahanan pangan di desa Simandolak, “Alhamdulillah, program ini sudah berjalan dua tahun, tentunya sangat membantu para petani dan masyarakat Simandolak khususnya” ucap dt. di kesempatan itu.

Tidak hanya itu, sebagai yang dituakan diadat, dt Panduko Jolelo juga berpesan, “Yang mempunyai hewan ternak agar diikat atau dikurung, supaya program pertanian berjalan dengan lancar dan baik” jelas Hamdan, kepada khalayak umum warga Simandolak.

Dalam kesempatan tersebut, Mulyadi, sebagai penyuluh pertanian kecamatan Benai menyampaikan, ” para petani harus semangat dalam menanam dan merawat tanaman padi, supaya mendapatkan hasil yang memuaskan” ungkap Mulyadi. “Para petani dianjurkan untuk menanam dengan pola cacar legowo, karena, teknik dengan pola ini sudah teruji untuk meningkatkan hasil panen padi” tambahnya.

Baca Juga :  Pendidikan, Ayo! Mengenal MTs Babussalam YPTB di Kecamatan Benai. Ini Visi Misinya!

Jelang turun kesawah, esok, 20 September 2021, warga Simandolak berdoa agar mendapatkan Ridho Allah SWT, dan doa dipimpin oleh salah seorang alim ulama desa tersebut. Seluruh masyarakat Simandolak berharap, kegiatan ini mendapat berkah dari Allah SWT.

Komentar

Berita Lainnya