Riau, Indonesia Sehat :”Vaksin Merdeka Serempak” Menuju “Herd Imunity”

unrinews. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengadakan kegiatan Vaksin Merdeka Serempak di 96 titik seluruh Indonesia. Kegiatan ini guna memenuhi target vaksinasi di Indonesia untuk memutus penyebaran virus Covid-19 sehingga dapat mencapai Herd Immunity (kekebalan kelompok). Herd Imunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Universitas Riau (UNRI) di antara satu dari Perguruan Tinggi Negeri yang turut berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan ini dalam rangka mengatasi penyebaran pandemi Covid-19 di Provinsi Riau, bekerjasama dengan Polda Riau menggelar kegiatan vaksinasi massal di Gedung Sutan Balia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNRI, Selasa (22/9/2021).

Polisi Daerah (Polda) Provinsi Riau selaku penyelenggara Kegiatan Vaksin Merdeka Serempak ini, menyebutkan ada sebanyak 9.000 dosis vaksin ini didistribusikan kesejumlah kampus di Kota Pekanbaru. “Sebanyak 9.000 dosis vaksin disebar di tiga kampus, salah satunya UNRI mendapat 3.000 dosis. Karena ingin segera mencapai kondisi ideal, yakni dengan Herd Immunity 70 persen, sekaligus juga dalam upaya kesiapan kampus dalam penyelnggaraan pembelajaran tatap muka yang sudah dimungkin dilaksanakan.”

“Kita berharap dengan terus melakukan vaksinasi, akan mempercepat kita mencapai tujuan yang diharapkan. Saya yakin kerja sama kita dengan seluruh elemen dan pemerintah dengan saling gotong royong semua akan bisa diwujudkan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga, Kapolda Riau menghimbau kepada masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan, tetap jaga jarak menghindari kerumunan serta mobilitas diluar apabila tidak ada keperluan mendesak.

Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, pada kegiatan ini menyampaikan pemberian dosis vaksin hari ini oleh Polda Riau ada sebanyak 3.000 dosis. Pada minggu lalu 2.400 dosis, dan pada hari selasa lalu 500 dosis. “Ini merupakan suatu langkah meningkatkan kekebalan Herd Immunity khususnya untuk pejelenggaraan pembelajaran tatap muka diRiau khususnya. Dosis yang telah diberikan untuk mahasiswa sampai pada hari ini sudah mencapai 50 persen, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan mencapai 80 persen, tentu kita berharap kepada civitas akademika UNRI serta masyarakat untuk selalu meningkatkan kuantitas dari ketercapaian dosis vaksinasi yang ditargetkan.

“Sasaran vaksinasi pada hari ini juga kepada mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan, dan masyarakat umum. Sehingga dengan demikian, kita berharap persentase dari masyarakat tercapailah target vaksinasi yang diharapkan untuk menciptakan herd immunity sehingga kegiatan kembali berjalan dengan normal,” ujar Guru Besar Bidang Perikanan dan Kelautan.

Kegiatan vaksin merdeka yang dilakukan serentak ini juga turut dihadiri oleh Gubernur Riau Syamsuar MSi serta ditinjau langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko widodo dan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi melalui media virtual. (KRT)***