oleh

Penyuluhan dan Penanaman Padi di Pulau Komang oleh Kukerta UNRI, Serta Dinas Terkait.

TERAS RIAU Kuansing-Pengabdian mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) tahun 2021, turun langsung bersama PPL dinas pertanian Kuansing dan POPT Provinsi Riau, dalam kegiatan penyuluhan dan penanaman padi di desa Pulau Komang

Minggu, 08 agustus 2021 di Lahan sawah desa Pulau Komang,
salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa yang tergabung dalam bentuk kelompok kerja, membantu para petani menanam padi di lahan pertanian desa Pulau Komang, kecamatan Sentajo Raya, kabupaten Kuantan Singingi.

Loading...

“Desa Pulau Komang memiliki lahan pertanian yang cukup luas, sehingga rata-rata masyarakat berprofesi sebagai petani, pendapatan mereka hampir sebagian besar dihasilkan dari pertanian. Hal tersebut memicu perhatian kelompok KKN balek kampung UNRI, yang dibinai oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yaitu, bapak Yunanda S.P ., M. Si untuk turun langsung membantu warga menanam padi dan melihat proses penanaman padi yang baik dan benar.”kata ketua kelompok KKN Balek Kampung UNRI, Dicky Rifaldo.

Baca Juga :  Bukan Mandiar-Mandiar, Syaifullah Aprianto Sebut Oknum Dewan Sapu Bersih Proyek PL

Para petani di desa Pulau Komang sebutnya memiliki cara menarik dalam menanam padi, yakni, menggunakan sistem borongan, yaitu menanam padi di satu lahan secara bersama-sama. Dan memperhatikan teknik menanam yang dipandu langsung oleh tim penyuluh kebupaten Kuantan Singingi.

Aktivitas ini, juga sekaligus diskusi dan edukasi mengenai hama padi dan cara penangulangannya, serta inovasi terbarukan dalam proses penanaman-pemanenan padi.

Tujuan dari menggunakan sistem borongan adalah, agar petani dapat menyelesaikan lahan mereka dengan cepat, rapi, serta menjaganya dari hama bersama-sama, hingga proses panen. Meski begitu, terdapat pula petani yang menggarap padinya secara pribadi, namun, tak banyak pula yang mendulang hasil yang kurang maksimal dan berbeda dari petani yang lainnya.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Sukses di Kenegerian Kari, Hadiah Lansuang di Bagikan

Komentar

Berita Lainnya