Entrepreneur di Tanah Air, Patut Suritauladani Wan Muhammad Hasyim, Betapa Tidak!

TERAS Riau Nusantara- Siapa?. Barangkali, sosok WAN MUHAMMAD HASYIM yang akrab disapa ‘Suhu Wan’ memang patut disuri tauladani oleh para Entrepreneur muda di Tanah
Air.

Betapa tidak! di saat badai pandemi covid-19 menghantam sendi-sendi ekonomi Negara ini, lini usaha Suhu Wan justru tetap berdiri kokoh tanpa guncangan sedikit pun.

“Alhamdulillah, sampai saat ini, lini usaha yang
saya jalankan, kokoh, walaupun hantaman badai pandemi Covid-19 terus mendera secara global. Dan Insya Allah, hingga kini tak seorang pun
dari sekian ribu karyawan yang kita lakukan pemutusan hubungan kerja (PHK),” tutur Suhu Wan dengan nada merendah kepada Redaksi Amanah News, Selasa, 27 April 2021.

Putera asli kelahiran
Baserah, Kuantan Singingi, Provinsi Riau kelahiran 3 Juli 1969 itu, bisa dikategorikan sebagai salah seorang konglomerat Indonesia. Betapa tidak, Suhu Wan merupakan pemilik lebih dari 100 minimarket Idolmart, yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan total kekayaan mencapai ratusan miliar.
Gurita bisnis dengan brand Idolmart milik Suhu Wa yang lulusan S1 FEB UNRI Jurusan Akuntansi itu, memang mempekerjakan ribuan karyawan.

Terbukti berkat tangan dingin dan kepiawaian Suhu Wan memenej jaringan bisnisnya itu, Idolmart terus berkembang sampai sekarang.

Melihat sepak terjang
kesuksesan seorang Suhu Wan sebagai Entrepreneur itu, maka tidak heran Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA Unri) Jakarta yang dimotori Djoneiri Ujang, putera Lubuk Jambi, lantas mendaulat Suhu Wan untuk mau memimpin organisasi yang menaungi para Alumni Unri tersebut.

Sebab, dalam waktu tidak berapa lama lagi IKA Unri memang akan menghelat pemilihan Ketua Umum.
“Perhelatan pergantian
pengurus, sejatinya adalah sebuah evolusi pergantian generasi mencari pemimpin yang berkualitas yang akan memimpin IKA Unri kedepan,” ujar Djoneiri.

Menurut Djoneiri, Suhu
Wan sudah melampaui ekspektasi yang rindu akan hadirnya seorang pemimpin berkualitas dan berintegritas yang akan menjadi Ketua Umum IKA Unri Pusat. Suhu Wan adalah Ketua Umum AMRI (Asosiasi Masyarakat Retail Indonesia), beliau juga menduduki posisi penting di kepengurusan Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ), dan IKA Unri Jabodetabek.

Selain itu, katanya,
Suhu Wan juga penggagas berdirinya KERIS (Kuansing
Entrepreneur Institut), wadah yang menjadi kawah candradimuka bagi pengusaha-pengusaha muda yang akan mulai menjadi Entrepreneur di Kuansing. Beliau juga
pendiri One Cafe, di Kampus Panam, yang dia hibahkan, untuk menjadi ajang praktik bagi Mahasiswa dan Alumni
Unri.

Suhu Wan juga adalah
pengarang dua buah buku yang sangat menginspirasi:
‘Jatuh Bangun dan Financial Freedom”. Dua buah buku yang akan menstimulasi pembacanya untuk menjadi pengusaha.

Dikatakannya, sudah
saatnya para alumni Unri memilih Entrepreneur menjadi Ketua Umum IKA Unri.

Sebab, menjadi Ketua IKA Unri adalah refleksi kualitas alumni Unri secara keseluruhan.

Lalu! Mengapa? “Oleh karena itu memang sudah saatnya kita mengubah paradigma kepemimpinan dari
yang tadinya Birokrat dan Politikus menjadi pengusaha. Tentunya, pengusaha mumpuni,
yang tak hanya pandai berteori tapi juga cakap berpraktik serta memiliki INTEGRITAS yang TINGGI. Jika kita pakai kriteria seperti ini, rasanya Wan Muhammad Hasyim (Suhu Wan) sudah melampaui ekspektasi kita yang rindu akan
hadirnya seorang pemimpin
berkualitas dan berintegritas yang akan menjadi Ketua
Umum IKA Unri Pusat,” tegas
Djoneiri menambahkan. (ZET)

Laporan : Afifi Ishadi, SE.MM