oleh

Pelajar Patani Thailand se Indonesia Pupuk Silaturrahmi di UIR

Terasriau.com, Pekanbaru – Ratusan mahasiswa asal Pattani Thailand yang tergabung dalam Majelis Kerjasama Pelajar Patani Indonesia (MKPPI) menggelar berbagai kegiatan di Universitas Islam Riau. Dalam kegiatan yang berlangsung empat hari sejak Selasa (20/8) itu MKPPI selain mentaja diskusi ilmiah juga berolahraga seperti bola volly, sepak takraw, bola keranjang. Termasuk olahraga tradisional.

Dalam kegiatan bertajuk, ‘Menjalinkan Silaturrahmi, Melestarikan Kebudayaan demi Melahirkan Ukhwah Islamiyah’, para pelajar terlihat happy karena bisa berkumpul sesama negara di rantau keilmuan. Di samping kuliah di Universitas Islam Riau, mereka juga datang dari Padang, Aceh, Medan, Jakarta, Bandung bahkan Kalimantan. Jumlah keseluruhannya sekitar 300 orang.

Loading...

Zulfa, mahasiswa asal Pattani yang kuliah di Universitas Islam Negeri Jakarta, mengaku baru pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Sumatera. Ia bersyukur karena dapat mengikuti MKPPI Riau tahun 2019. Ia menyatakan, banyak ilmu-ilmu yang ia dapatkan selama bersilaturrahmi, dan kegiatan yang ditaja MKPPI merupakan acara yang dapat untuk menyatukan mahasiswa asal Pattani di Indonesia.

Baca Juga :  Terkait issu demo terhadap kinerja kepimpinan Walikota Pekanbaru , DR Yudi Krismen US, S.H,.M.H pemerhati hukum sebut " Terlalu

Disampaikan, walau di perkumpulan ini semua mahasiswa berasal dari Pattani akan tetapi baru sekarang ia bisa bertemu dengan kawan-kawannya di Indonesia. ”Alhamdulillah, kita bisa mengenal masing-masing delegasi. Mereka telah berbaur dengan daerah dimana mereka kuliah. Lalu mempelajari adat istiadat di tempat tersebut. Saya juga bisa bertukar fikiran dengan teman-teman yang kuliah di UIR, mempelajari adat istiadat Riau serta bertukar fikiran soal perkuliahan di masing-masing perguruan tinggi,” ungkap Zulfan.

Hal senada disampaikan Fais bin Abdullah. Kata mahasiswa Ilmu Pemerintahan Pascasarjana UIR ini, kegiatan semacam ini dapat menyatukan mereka yang sama-sama berasal dari Thailand. Serta melanjutkan kerjasama yang telah terbentuk. Di tempat semacam ini, ia dan kawan-kawan dapat merasakan hidup senasib. Jauh dari orangtua dan keluarga tapi ukhwah islamiyah terjalin secara erat.

Baca Juga :  Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Oleh Pihak Notaris di Pekanbaru

”Kami bangga menjadi mahasiswa Thailand dan dapat menuntut ilmu di Indonesia, khususnya di Universitas Islam Riau,” tandasnya.

Kegiatan MKPPI dibuka Selasa pagi (20/8) oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudyanto dan dihadiri oleh Wakil Rektor III UIR Ir Rosyadi. Universitas Islam Riau menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurut Rosyadi, pihaknya akan selalu memberi dukungan kepada semua mahasiswa asing yang kuliah di UIR baik dalam penyelenggaraan kegiatan akademik maupun olahraga. Rencananya, para delegasi juga akan meninjau sejumlah objek wisata baik di Pekanbaru maupun di Kabupaten Kampar. (red)

Komentar

Berita Lainnya