Lanud RHF Mendukung Operasi Patroli Rutin di Wilayah ALKI 1

TANJUNGPINANG,Terasriau.com-Sebanyak 2 unit Pesawat Tempur Hawk 100/200 milik TNI AU dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru laksanakan patroli udara di wilayah Kepulauan Riau, Selasa (19/2/2019).

Dalam operasi tersebut, Lanud Raja Haji Fisabilillah turut mendukung operasi rutin tersebut dengan menyiapkan Crash Team, Penyediaan Fuel dan kebutuhan crew maupun pilot, Tim Pertahanan Pangkalan serta Tim Forcedown yang akan digunakan sewaktu-waktu terdapat situasi kritis.

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Elistar Silaen, S.T., mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk pengamanan wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia.

“kegiatan rutin dalam mengamankan wilayah ALKI 1 dengan sasaran adalah pengamanan wilayah udara maupun laut dari segala bentuk pelanggaran yang terjadi, baik terhadap pesawat asing yang melintas wilayah NKRI tanpa izin,” ujarnya.

“Sehingga kedepannya kita siap untuk melakukan penindakan dengan cara intercept untuk pengusiran atau bahkan dipaksa untuk force down.“ sambungnya.

Kegiatan ini, kata Danlanud flexible jadi tidak dibatasi mulai dari tanggal berapa sampai berapa. Ini adalah operasi rutin yang kita laksanakan, selama diperlukan akan dilakukan patrol, untuk memonitor mengamankan penerbangan-penerbangan yang berada di ALKI 1, tutupnya.

(Tim)