oleh

Kunjungi Kompolnas, Delegasi ICAC (KPK) Hongkong Bakal Kerjasama Pemberantasan Korupsi

JAKARTA, Terasriau.com- Kerjasama merupakan kata kunci penting dalam menjalankan sebuah organisasi, baik kerja sama internal maupun kerja sama eksternal.

Baik kerja sama dalam negeri maupun kerja sama luar negeri. Termasuk menjalin komunikasi untuk saling memahami masing – masing lembaga guna menunjang kelancaran pelaksanaan tugas pokok, peranan dan fungsi sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi.

Loading...

Berkenaan dengan hal tersebut, pada hari ini, Senin (25/2/2019), Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menerima kunjungan kerja delegasi dari Independent Commission Againts Corruption (ICAC) – Hongkong.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kunjungan tersebut, Komisioner Kompolnas Dede Farhan Aulawi menyampaikan bahwa ICAC itu sama dengan KPK kalau di Indonesia.

Baca Juga :  Ketua LSM FPSR Maju Ke Bursa Pilbup 2021

“Kunjungan kali ini merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Kompolnas RI berkunjung ke ICAC pada tahun lalu,” kata Dede Farhan Aulawi kepada awak Media ini, Senin (25/2/2019).

Menurutnya, pertemuan sebelumnya antara Kompolnas dengan ICAC di Hongkong, tentu perlu ditindaklanjuti untuk meningkatkan sinergitas pelaksanaan tugas, terutama di bidang pemberantasan korupsi.

Dede menjelaskan delegasi ICAC HongKong dipimpin oleh Mr. Simon Peh (Komisioner) dan didampingi oleh Ms. SallyKwan dan Mr. Lawrence Chung. Sebenarnya total delegasi ada 6 orang.

” Kebanyakan delegasi dari Tim Internasional Liaison & Training Officer karena memang ada rencana untuk meningkatkan kerjasama di bidang pelatihan dalam pemberantasan korupsi agar lebih efektif dan lebih baik lagi,” ujarnya.

Baca Juga :  Kapolres Padang Pariaman Sidak Harga Sembako dan Peredaran Petasan di Pasar Kayu Tanam

Sementara itu, sambung Dede dari Kompolnas sendiri, dihadiri oleh 6 Komisioner Kompolnas dan beberapa pejabat terasnya.

“Disamping pennyampaian tentang profil Kompolnas, juga penjelasan tentang pelaksanaan pengawasan Polri, kerjasama pengawasan internal, kerjasama pengawasan eksternal, kerjasama luar negeri, dan kerjasama pengawasan dengan KPK serta organisasi penggiat anti korupsi lainnya,” ungkapnya.

Disamping itu, tutur Dede, juga ada diskusi beberapa contoh penanganan korupsi yang dilakukan Polri. Termasuk juga peran Kompolnas dalam pengawasan penganan perkaranya. “Lalu diakhiri dengan tanya jawab dan sesi foto bersama,”jelaasnya.

Semua delegasi ICAC HongKong merasa puas dan berterima kasih atas penerimaan Kompolnas yang menyambut dan menerima delegasi dengan penuh persahabatan. ” Mereka mengharapkan agar kerja sama ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” Pungkas Dede mengakhiri. (*/r).

Baca Juga :  Sosok Kreatif, Wartawan Dufi Korban Pembunuhan di Bogor

laporan/editor : indra helmy

Komentar

Berita Lainnya