Walikota Tanjung Pinang Terima Piala Adipura

TANJUNG PINANG — Kota Tanjungpinang kembali memperoleh piala adipura kategori kota sedang. Piala tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd, Senin (14/1) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

“Alhamdulilah puji syukur kehadirat Allah, kita kembali meraih piala Adipura, terimakasih kepada seluruh Kepala OPD dan semua masyarakat terkhusus para petugas kebersihan dengan semangat dan kebersamaan kita bisa meraih prestasi Adipura ini,” ungkap Syahrul.

Syahrul juga mengatakan, untuk mempertahankan prestasi ini cukup sulit, untuk itu perlu adanya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan, kawasan bebas sampah dan mencoba untuk mengubah pola pikir masyarakat untuk berprilaku hidup ramah lingkungan. “Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk dapat bersinergi dalam menjaga kebersihan, pengelolaan sampah dan berprilaku hidup ramah lingkungan, karena mempertahankan prestasi ini cukup berat dan rumit memperolehnya,” harap Syahrul.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Yuswandi, SH mengatakan proses penilaian Adipura ini terdapat penambahan yang mengharuskan setiap daerah memenuhi kriteria khusus yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Setiap daerah harus memiliki dan membuat kebijakan strategis pengelolaan sampah daerah (Jakstrada) yang didalamnya mengatur tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenisnya, sehingga penyerahan Adipura 2018 ini terjadi keterlambatan karena penilaian sejak dilakukan pada bulan November 2017 hingga Desember 2018,” jelas Yuswandi.

Dengan diperolehnya piala tersebut, terhitung sejak kepemimpinan Dra. Hj. Suryatati A Manan, H. Lis Darmansyah, SH hingga H. Syahrul, S.Pd, sudah ada 14 buah piala yang diterima Pemerintah Kota Tanjungpinang. Penghargaan tersebut sebagai lambang keberhasilan pemerintah daerah dalam menciptakan kota yang bersih, nyaman dan asri, pembangunan berkelanjutan, dan adanya kerjasama serta peran aktif masyarakat dan pemerintah sehingga penghargaan tersebut kembali diterima.

Sebagai wujud kegembiraan atas diperolehnya Piala Adipura, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan mengarak piala tersebut keliling kota pada Selasa siang (15/1) dengan rute Start Bandara RHF – Tugu Pesawat Nomed – ke kiri Jalan Uban Lama – Simpang SPBU Batu 10 – ke kanan Jalan DI Panjaitan – Gerbang Bintan Center lurus – Simpang Kota Piring Batu 7 – simpang Batu 6 – ke kiri Kodim Jalan A. Yani – Basuki Rahmad – Wiratno – simpang tugu Motivasi Ke kanan – Jalan Soekarno Hatta – Jalan Tugu Pahlawan/Meja 7 – simpang jl Sumatra ke kiri – Jalan Riau – ke kanan Jalan Agus Salim – Simpang Arsip – Anjung Cahaya – Finish di Gedung Gonggong.

Laporan : (Donny/HMS)