Wagub Kepri Temui Menhub Usulkan Kapal Penyeberangan Roro Tanjungpinag-Johor Baru

JAKARTA, TERASRIAU.COM – Wakil Gubernur Provinsi Kepri H. ISDIANTO, melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Kamis (10/1/2019) lalu. Guna membahas usulan dibukanya akses transportasi laut dan darat dari Tanjungpinang (Kepri) – Johor Baru (Malaysia) dengan menggunakan kapal penyebarangan RORO.

Pada kesempatan itu, Orang nomor dua di Kepri yang didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat ( BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepri S. Ajie Panatagama, Kepala Seksi Pengelolaan Perairan diluar Pelabuhan Dishub Kepri Dwi Cahyo K, serta Ketua Organda Kepri Syaiful.

Kunjungan Wakil Gubernur Kepri ini dalam rangka membahas perihal transportasi darat dan laut di wilayah Provinsi Kepri. Terutama terkait rencana pengadaan kapal roll on roll (Roro) untuk menghubungkan Tanjungpinang ke Johor Baru dan sebaliknya.

Hal ini penting mengingat Kepri adalah wilayah Kepulauan yang jarak tempuh dari pulau satu ke pulau lainnya sangat berjauhan, serta membutuhkan banyak transportasi laut berupa kapal penumpang maupun kapal barang.

Wakil Gubernur Kepri dan rombongan disambut Dirjend Perhubungan Darat Budi Setiyadi. Isdianto menjelaskan bahwa wilayah Kepri sangat luas dan terdapat banyak pulau di dominasi oleh luasnya lautan seperti Pulau Natuna, Anambas, Lingga, Bintan, Karimun dan Batam.

“Setiap daerah di Kepri punya potensi alam yang luar biasa seperti bidang perikanan, pariwisata hingga pertanian. Tetapi para petani di pulau-pulau memiliki masalah saat akan mengangkut hasil tangkapan dan perkebunan tersebut dikarenakan minimnya transportasi laut,”kata Isdianto dalam rilisnya.

Menurutnya, konektivitas merupakan hal utama yang perlu perhatikan di Kepri, terutama masalah transportasi. Baik jalan, pelabuhan, bandara dan sebagainya. Konektivitas adalah untuk meningkatka arus barang, orang dan uang dari satu tempat ke tempat lain. Dan ini yang harus digesa terus.

Ditempat yang sama, Dirjen perhubungan Darat Budi Setiyadi tampak menyambut positif kunjungan Wagub Kepri dan rombongan ini terkait upaya meningkatkan jalur transportasi di Kepri. Bahkan sampai akan menghubungkan Tanjungpinang-Johor Baru dengan kapal roro.

Budi juga berjanji akan segera mengevaluasi apa yang menjadi recana Pemprov Kepri ini. “Mudah-mudahan pada anggaran 2020 nanti kita bisa membantu menambah armada laut di Kepri,” ucapnya.

Budi juga mengatakan jika tidak ada halangan dalam waktu dekat akan membalas kunjungan Wagub Kepri dan akan berkunjung ke Provinsi Kepri, guna melihat lebih dekat dan jelas tentang kebutuhan transportasi laut di bumi segantang lada ini. (*/r).

laporan : indra helmi
editor : indra h piliang