Eko Wijaya Dorong Kualitas ASN Babel Terus Meningkat

PANGKALPINANG, Terasriau.Com–Kemajuan dari pemerintah daerah salah satunya ditentukan oleh kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah masing-masing. Misalnya dari profesionalitas, keterbukaan dan netralitas.

Maka dari itu kata Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Eko Wijaya, kualitas ASN di seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) harus terus ditingkatkan.

Profesionalitas menurut Ketua DPD Partai Demokrat Babel ini dapat dilihat dari sistem merit dalam ASN yang menduduki satu jabatan atau menjalankan tugasnya. Artinya tidak boleh ada yang menempati posisi jabatan tidak sesuai dengan keahliannya.

“Hal ini menentukan kualitas pelayanan terhadap masyarakat Babel. Jika ASN yang melayani tidak berkompeten, tentu nasib masyarakat Babel akan terabaikan,” tegas Eko, Senin (28/1/2019).

Yang penting juga bagi Eko, keterbukaan dari ASN Babel dapat dibuat secara simultan, untuk mencegah adanya pelanggaran aturan dari setiap sektor.

“Dengan begitu kepercayaan masyarakat Babel terhadap ASN nya akan tinggi. Dan terhindarkan dari laku korupsi, kolusi dan nepotis yang sangat dibenci oleh masyarakat,” kata Eko.

Selain itu di tahun politik atau masa pemilihan umum (pemilu) 2019 ini, Eko juga meminta kepada seluruh ASN di Babel untuk menjaga sikap netralnya. Tidak boleh menunjukan keberpihakannya baik di dunia maya maupun ruang publik.

Ketika ini dilanggar oleh ASN, lanjut Eko, nilai – nilai demokrasi kita akan merosot. Dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap ASN akan mengakar.

“Kami di Demokrat selalu berkomitmen dengan amanah yang diberikan Ketua Umum, Pak SBY, bahwa berpolitik harus sehat, tidak boleh curang, melakukan politik uang, menyebarkan SARA dan hoaks,” pungkas Eko.

(Red)