Pesona Wisata Riau Candi Muara Takus Kabupaten Kampar – Riau

TERASRIAU.COM – Pesona Wisata Riau Situs Candi Muara Takus adalah sebuah situs candi Buddha yang terletak di di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Situs pesona wisata Riau ini berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Situs pesona wisata Candi Muara Takus ini dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir Sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

Para pakar purbakala belum dapat menentukan secara pasti kapan situs pesona wisata candi ini didirikan. Ada yang mengatakan abad keempat, ada yang mengatakan abad ketujuh, abad kesembilan bahkan pada abad kesebelas. Namun candi ini dianggap telah ada pada zaman keemasan Sriwijaya, sehingga beberapa sejarahwan menganggap kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan Sriwijaya. Pada tahun 2009 Candi Muara Takus dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Terletak di tepi sungai Kampar Kanan, Muara Takus berada di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar kurang lebih 135 km dari kota Pekanbaru, Riau. Dengan perjalanan darat, ditempuh kurang lebih selama 3 jam dari Pekanbaru, Riau. Juga dapat dicapai dengan mudah dari jalan lintas Riau. Dari Bandara Pekanbaru kita bisa menempuh jalan seperti ditunjukkan di peta. Perjalanan ini jaraknya 118 km melewati kota Bangkinang, menyeberang Sungai Kampar, naik ke bukit-bukit batu melewati PLTA Kampar, Jika jalanan sampai di puncak tertinggi, Anda akan menikmati indahnya Waduk Kampar di sebelah kiri jalan. (Red)