TERAS RIAU : Langkah Sederhana Membuat Rumah Terhindar Banjir

Riau359 Views

PEKANBARU, (Terasriau.com) – Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, ancaman banjir tentunya selalu menghantui kalangan pemilik rumah. Terlebih untuk wilayah Kota Pekanbaru sekitarnya yang kerap menjadi langganan banjir, faktor keselamatan dan rusaknya beberapa bagian rumah harus menjadi perhatian utama.

Untuk kalangan pemilik rumah yang tidak memiliki banyak biaya untuk melakukan renovasi, sejatinya ada banyak cara untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah.

Berikut, sejumlah tips sederhana dari Terasriau untuk membuat rumah tehindar dari banjir sebagai berikut :

Pembuatan Tanggul

Jika tidak memiliki cukup biaya untuk melakukan peninggian lantai ruah, pembuatan tanggul di depan teras atau pintu masuk rumah bisa menjadi pilihan. Tanggul tersebut bisa berupa papan yang dipaku atau tumpukan karung-karung pasir. Dengan membuat tanggul, pemilik rumah dapat menghalau air ketika banjir datang.

Pemeriksaan Saluran Pembuangan

Agar air tidak tergenang saat datangnya hujan, pemeriksaan saluran pembuangan air di rumah menjadi fokus utama. Periksalah dengan seksama, apakah di dalam selokan terdapat sampah yang dapat menyumbat pergerakan air.

Perhatikan Lubang Drainase

Biasanya, air akan masuk melalui lubang drainase atau lubang kamar mandi. Untuk menghindari hal tersebut, pemilik rumah bisa menutupnya dengan kain atau lilin. Hal ini, sedikit banyak akan menghambat datangnya air.

Tanaman Penyerap Air

Menanam tanaman penyerap air, bisa dijadikan solusi untuk mengurangi dampak banjir. Untuk pilihannya, beberapa jenis pohon dikenal dapat menyerap air dengan baik. Sebut saja misalnya, pohon bambu, pohon jati, rumput akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa, hingga palem putri. (Red)