oleh

Polda Riau OTT Pungli PNS Kelurahan Sidomulyo Barat Pekanbaru

PEKANBARU – Tim Satgas Saber Pungli Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap oknum Lurah di Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (28/11/2018) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengatakan, oknum Lurah Sidomulyo Barat berinisial RM (37) tertangkap tangan tim saber pungli saat meminta uang untuk pengurusan surat tanah di Warkop Jakarta Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru.

Loading...

”Sebelum tertangkap tangan tim saber pungli Direskrimsus, pembeli tanah menghubungi Kasubdit 1 Ditreskrimsus, bahwa ada oknum lurah yang meminta uang sebesar Rp10 juta agar SKGR yang diurus dapat ditandatangani,” kata Kombes Pol Sunarto kepada media.

Baca Juga :  Pedasnya Harga Cabai di Pekanbaru Jelang Akhir Tahun

Dikatakan Kombes Pol Sunarto, dari laporan tersebut Direskrimsus melakukan pengintaian terhadap pelaku ini. Saat tertangkap tangan, oknum lurah ini menyimpan uang yang dimintanya kepada masyarakat dalam jok sepeda motor dinas (plat merah, red) sebanyak Rp10 juta.

”Saat dilakukan interogasi terhadap oknum lurah tersebut di Ditreskrimsus, ternyata pelaku sebelumnya sudah meminta uang sebesar Rp25 juta pada penjual tanah untuk kepengurusan surat tanah SKT dan SKGR,” ujarnya, Kamis (29/11/2018).

Masih dikatakan Kabid Humas, saat itu penjual tanah hanya memberikan uang Rp23 juta kepada oknum lurah tersebut dan diterimanya.

”Oknum lurah ini telah melanggar Pasal 12 Huruf e Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor,” jelas Kombes Pol Sunarto.

Baca Juga :  Dewi Belum Sadarkan Diri dari Ruangan ICU RSUD

Barang bukti uang Rp10 juta dan Rp23 juta sudah diamankan. Saat ini oknum lurah berinisial RM masih dilakukan pemeriksaan di Subdit 3 Ditreskrimsus dan dilakukan penahanan untuk 20 hari. ***

Sumber : Goriau.com

Komentar

Berita Lainnya