oleh

Pesona Wisata Kota Pekanbaru Riau

TERASRIAU.COM – Wisata Pekanbaru terletak di sebuah kota pelabuhan kecil yang berada di tepi Sungai Siak. Namun saat ini Pekanbaru telah menjadi kota modern yang sibuk dan merupakan ‘ibukota’ minyak di Indonesia.

Wisatawan yang berada di Pekanbaru, umumnya dari Singapura dan biasanya singgah di kota ini untuk transit atau bermalam sebelum melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi atau tempat lain di Sumatera. Museum Negeri Riau dan Taman Budaya Riau adalah tempat yang dapat dikunjungi selama berada di Wisata Pekanbaru. Kedua tempat ini terletak berdekatan di Jl Sudirman yang menuju ke pelabuhan udara. Museum dan Taman Budaya ini buka setiap hari kecuali Minggu.

Balai Adat Daerah Riau di Jl Diponegoro memamerkan berbagai aspek dari budaya adat Melayu. Bangunan dua lantai ini didesain dengan aneka warna dan ukiran bermotif Melayu tempat dilaksanakannya upacara adat, perkawinan sampai seminar kebudayaan. Wisata Pekanbaru Ungkapan adat Melayu Riau dan pasal-pasal Gurindam Duabelas karya pujangga besar Melayu, Raja Ali Haji juga terpampang di balai ini.

Masjid Raya Pekanbaru yang dibangun pada abad ke 18 merupakan masjid tertua di Pekanbaru dan sekaligus menjadi bukti sejarah peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura yaitu di masa Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah yang menjadi Sultan Siak ke 4 dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah yang menjadi Sultan Siak ke 5. Wisata Pekanbaru Di areal kompleks masjid ini terdapat pula makam Sultan Marhum Bukit, nama julukan dari Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah.

Tempat lainnya yang dapat dikunjungi adalah Danau Limbungan yang awalnya merupakan bendungan air yang dikelilingi perbukitan dan panorama indah. Potensi ini kemudian dikembangkan dengan berbagai fasilitas rekreasi seperti sepeda air, cottage, perahu, restoran, taman bermain, panggung hiburan yang jaraknya 10 km dari pusat kota Pekanbaru.Wisata Pekanbaru. (Red)

Komentar

Berita Lainnya