Pesona Budaya Bakar Tongkang Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir

Pesona Riau364 Views

TERASRIAU. COM – Para pembaca Terasriau pasti mengenal Riau sebagai sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Namun, siapa sangka jika Riau memiliki beragam daerah yang khas dengan keunikannya masing-masing. Sebut saja yang dimiliki oleh Kota Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Rupanya masyarakat di daerah tersebut memiliki prosesi budaya yang tak kalah menarik yakni Bakar Tongkang yang akan dihelat 28 hingga 30 Juni 2019 mendatang.

Bagi warga setempat, prosesi budaya Bakar Tongkang merupakan sebuah perhelatan yang unik juga memiliki nilai sejarah yang berbeda. Diceritakan bahwa ritual budaya tersebut bermula dari tuntutan kualitas hidup yang lebih baik, sekelompok orang Tionghoa yang berasal dari Cina merantau menyeberangi lautan dengan kapal kayu sederhana. Dalam kebimbangannya akibat kehilangan arah, mereka berdoa ke Dewa Kie Ong Ya agar diberi petunjuk untuk dapat menuju daratan.

Tak lama kemudian, tiba-tiba mereka melihat adanya sinar cahaya yang samar-samar. Mereka pun mengikuti arah sinar tersebut yang membuat mereka tiba di daratan Selat Malaka. Mereka yang mendarat di wilayah tersebut pun terhitung kurang lebih 18 orang yang seluruhnya bermarga Ang. Oleh sebab itu, sejatinya prosesi budaya Bakar Tongkang merupakan ritual untuk menghormati mereka yang dianggap sebagai leluhur orang Tionghoa Bagansiapiapi yang juga sebagai wujud rasa terima kasih kepada Dewa Kie Ong Ya.

Disebutkan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, melalui laman resmi akun media sosial milik kemenpar bahwa prosesi budaya Bakar Tongkang selalu menjadi agenda yang mampu menyedot ribuan wisatawan. Bakar Tongkang bahkan disebut sebagai salah satu magnet utama pariwisata Riau.

Di tahun 2017, Bakar Tongkang berhasil menyedot sekitar 52 ribu kunjungan wisatawan. Bahkan disampaikan bahwa 20 ribu di antaranya merupakan wisatawan asing yang datang dari berbagai belahan dunia. Oleh sebab itu, tak heran jika prosesi budaya Bakar Tongkang kini masuk dalam 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata.

Wah sepertinya menarik sekali. Untuk seluruh pecinta pesona di Sumatera, khususnya di Riau, jangan lupa untuk hadir dan menyaksikan pesona kemegahan Bakar Tongkang ya. (Red)

Maju terus pariwisata Indonesia!