Pengurus PWI Rohul 2018-2021 Dikukuhkan Ketua PWI Riau

PASIRPANGARAIAN, (Fokuskriminal.com)- Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) masa bakti 2018-2021, diketuai Engki Prima Putra ST, dikukuhkan oleh Ketua PWI Provinsi Riau H Zulmansyah Sekedang S.Sos,‎ Senin (26/11/2018).

Pengukuhan di Hotel Sapadia Pasirpangaraian turut disaksikan Bupati Rohul H. Sukiman, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, unsur Forkompinda Rohul, Sekda Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si.

Hadir juga para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, sejumlah pengurus PWI Riau, perwakilan perusahaan, partai politik, mahasiswa dan pelajar Rohul, serta seluruh mitra kerja PWI Rohul.

Pada laporannya, Doni Kesuma Putra S.Sos, selaku Ketua Panitia Pengukuhan Pengurus PWI Rohul‎ 2018-2021‎ mengatakan pengukuhan pengurus sudah direncanakan sekira enam bulan lalu, namun terlaksana.

“Kita sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan mitra kerja PWI Rokan Hulu atas dukungannya, hingga terlaksanakannya pelantikan ini,” sampai Doni, wartawan Harian Tribun Pekanbaru.

Ketua PWI Kabupaten‎ Rohul 2018-2021, Engki Prima Putra, mengatakan visi dan misi dari kepengurusan PWI Rohul yang baru dilantik adalah menjadikan wadah ini sebagai organisasi wartawan yang bermatabat dan santun.

‎Menurut Engki amanat dan beban diberikan kepada dirinya sebagai Ketua PWI Rohul tentu akan semakin berat ke depan. Ia mengharapkan kekompakan seluruh anggota PWI Rohul, serta dukungan dari PWI Riau, pemerintah daerah‎, serta mitra kerja.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah serta mitra kerja yang telah mendukung program PWI Rokan Hulu selama ini,” sampainya.

Selain itu, Engki mengajukan kepada Ketua PWI Riau agar nama Bupati Rohul Sukiman dimasukkan dalam kandidat penerima pena emas dari PWI pusat di Hari Pers Nasional tahun 2019, karena dinilai mampu bisa merangkul wartawan‎ dari organisasi yang ada di Kabupaten Rohul.

‎Masih di tempat sama, Ketua PWI Provinsi Riau, Zulmansyah Sekedang,‎ mengatakan ada tiga organisasi wartawan yang telah diakui atau telah diverifikasi oleh Dewan Pers. Selain PWI, AJI dan IJTI juga telah terverifikasi.

‎Selain itu, Zulmansyah berpesan kepada pengurus PWI Rohul yang baru dikukuhkan agar melaksanakan amanah, sebab amanah merupakan merupakan sebuah kehormatan.

Ia mengharapkan anggota PWI Rohul mampu membina wartawan di Rohul sehingga tetap patuh terhadap Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

PWI Riau, sambung Zulmansyah, juga sudah meneken Pakta Interigitas Anti Hoax dengan Polda Riau. Menurutnya, menjelang Pemilu biasanya Hoax akan semakin marak, terutama di media sosial, sehingga PWI Rohul harus bisa memberikan pengertian kepada masyarakat luas.

Zulmansyah mengaku belakangan menjadi wartawan semakin mudah, bahkan ada oknum sopir angkot yang mengaku-mengaku wartawan.

“Tapi saat ini tidak sembarangan jadi wartawan, sebab harus berkompetensi, harus memiliki kartu yang bisa didapatkan dari Ujian Kompetensi Wartawan atau UKW,” kata Zulmansyah.

“Jadi oknum sopir angkot juga tidak bisa mengaku-mengaku wartawan. Harus dibuktikan dengan kartu kompetensi,” pungkas Zulmansyah.

Sementara, Bupati Rohul Sukiman‎, dalam sambutannya berpesan kepada anggota PWI Rohul yang baru dilantik tetap bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, terutama dalam memajukan pembangunan daerah.

Selain itu, Bupati Sukiman juga berharap anggota PWI Kabupaten Rohul menjadi contoh dan teladan bagi jurnalis lain.‎

Di akhir acara pengukuhan, Ketua PWI Rohul Engki Prima Putra, didampingi Sekretaris PWI Rohul Amin Sukri S.Kom, memberikan karikatur kepada Bupati Rohul Sukiman, serta kepada Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.

Acara dilanjutkan Silaturahmi antara Pemkab Rohul bersama pengurus PWI Provinsi Riau dan PWI Kabupaten Rohul.***(zal)