Kopi Bisa Memperpanjang Hidup ? Mitos Atau Fakta ?

Kesehatan492 Views

TERASRIAU.COM – Banyak bukti alamiah yang muncul bahwa kopi memiliki efek protektif terhadap kesehatan seseorang. Minuman favorit ini banyak membuat para siswa dan para pekerja (karyawan) tetap aktif, produktif, tidak mengantuk dan bersemangat, dan ternyata salah satu manfaat terbesar dari kopi adalah mengurangi risiko kematian.

Selama beberapa tahun terakhir, Berita Medis Hari Ini telah secara teratur melaporkan studi ilmiah yang menunjukkan bahwa peminum kopi dapat menuai lebih banyak manfaat dari pada yang tidak meminumnya.

Baru-baru ini, para peneliti berkumpul di Royal Society of Medicine roundtable di London, Inggris, untuk membahas bukti yang mendukung efek menguntungkan kopi pada kesehatan. Prof Miguel Martínez-González – dari University of Navarra di Spanyol – mempresentasikan penelitian yang tidak dipublikasikan yang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian.

Lebih khusus lagi, Prof Martínez-González telah menemukan bahwa minum antara tiga dan enam cangkir kopi per hari dapat mengurangi semua penyebab kematian. Untuk setiap dua cangkir kopi tambahan per hari, risiko kematian berkurang sebanyak 22 persen, peneliti menyimpulkan.

The Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC) – yang menghitung di antara anggotanya enam perusahaan kopi utama, termasuk illycaffè, Jacobs Douwe Egberts, Lavazza, Nestlé, Paulig, dan Tchibo – telah menyusun laporan yang menguraikan temuan yang disajikan pada sesi roundtable .

Lebih dari satu studi yang dibahas di Royal Society of Medicine roundtable menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Berbagai meta-analisis menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian hingga 17 persen lebih rendah dari semua penyebab, dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Imperial College London, di Inggris, bekerja sama dengan IARC, menyimpulkan bahwa, di antara kohor peserta yang bekerja dengan mereka, mereka yang memiliki konsumsi kopi tertinggi memiliki risiko terendah dari semua penyebab kematian.

Selain itu, penelitian yang mengamati hubungan antara konsumsi kopi dan risiko kematian di kalangan penduduk non-kulit putih di Amerika Serikat menemukan bahwa peserta yang minum satu cangkir kopi setiap hari memiliki risiko kematian 12 persen lebih rendah dibandingkan dengan non-peminum.

Ketika mempertimbangkan mengapa kopi mungkin terkait dengan hasil kesehatan yang lebih positif, para peneliti berkumpul di Royal Society of Medicine roundtable menyarankan bahwa kafein saja mungkin tidak memiliki efek yang cukup kuat.

Namun, para ahli berpendapat, kopi juga mengandung polifenol – sejenis zat alami yang memiliki efek antioksidan, yang, menurut penelitian, mungkin memiliki sifat anti-inflamasi – dan dapat melindungi terhadap stres dan mekanisme penuaan pada tingkat sel.

Begitu pula menurut Samantha Heller yang adalah ahli gizi di NYU Langone Medical Center di New York City. “Seperti begitu banyak makanan nabati,” katanya, “biji kopi penuh dengan polifenol yang menurut penelitian, memberi manfaat kesehatan, seperti antioksidan, anti-inflamasi, anti-kanker, anti-diabetes dan sifat antihipertensi.

Dan menurut Hu yang adalah penulis senior dari sebuah studi 2015 di jurnal American Heart Association Circulation yang menyimpulkan orang-orang yang secara teratur minum kopi dalam jumlah sedang setiap hari – kurang dari lima cangkir – mengalami risiko kematian yang lebih rendah dari penyakit jantung dan syaraf. “ini adalah gambaran keseluruhan yang cukup jelas,” kata Dr Frank Hu, ketua nutrisi di Universitas Harvard T.H. Chan School of Public Health. “Tidak ada peningkatan risiko penyakit kronis jangka panjang, termasuk diabetes, penyakit kardiovaskular atau bahkan kanker.

Nah, sahabat, setelah mendengar fakta penelitian dari para ahli, bukankah jadi ingin minum kopi mulai dari sekarang. (red)