oleh

Kapolda Riau Pimpin Upacara Memperingati HUT Brimob Ke 73 

-Riau-181 views

PEKANBARU, (Terasriau.com) – Kegiatan Syukuran HUT Brimob Polri Ke 73 Tahun 2018 bertempat di Aula Bhayangkara Sat Brimob Polda Riau Jalan KH. Ahmad Dahlan Pekanbaru. Rabu, (14/11/2018).

Dalam acara syukuran HUT Brimob Polri ke 73, dihadiri oleh Kapolda Riau, Danrem 031/ WB, Danlanud RSN, Kabinda Riau, Plt. Gubernur Riau Diwakili Oleh Kasatpol PP Prov. Riau, Ka BNNP Provinsi Riau, Kajati Diwakili Oleh Wakajati Riau, Wakapolda Riau, Irwasda Polda Riau, Pejabat Utama Polda Riau, Para Kapolres/Ta Jajaran Polda Riau, Ketua Bhayangkari Daerah Riau, Para Pengurus Bhayangkari Daerah Riau, Para Purnawirawan Polri (Brimob), Personil Brimob Polda Riau, Para Tamu Undangan.

Loading...

Amanat dari Kapolri Jendral Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D dibacakan Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Widodo Eko Prihastopo MM, menyampaikan, marilah kita mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas Rahmat dan Karunia-nya, pada hari ini kita dapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke 73 Korps Brimob Polri tahun 2018, dalam suasana yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan.

Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dengan penuh rasa bangga saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 73 Korps Brimob Polri, semoga Brimob Polri semakin dicintai masyarakat dan senantiasa memberikan Darmabakti terbaik kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Melalui berbagai penugasan, Brimob Polri telah menunjukkan kontribusi nyata yang bernilai penting bagi pemeliharaan stabilitas Kamtibmas di Indonesia. Sebagai satuan Elit Polri, Brimob berhasil dalam mendukung pengamanan pilkada serentak 2018 pada 171 wilayah, pengamanan Operasi Ketupat 2018, maupun berbagai Event Internasional seperti Asian Games 2018, Asian Para Games 2018 dan IMF – World Bank Annual Meeting 2018.

Baca Juga :  Hari Terakhir, Lomba Karya Tulis Jurnalistik Kota Batam Ke-189

Brimob juga bergerak cepat dalam membantu penanganan korban bencana alam, baik di nusa tenggara barat maupun pada bencana alam yang terjadi di sulawesi tengah, sehingga proses evakuasi bisa berjalan dengan cukup baik, termasuk dalam penanganan pasca kejadian.

Saya juga mengapresiasi peran serta brimob dalam mendukung terlaksananya operasi penegakan hukum terhadap jaringan terorisme di sulawesi tengah dan kelompok kriminal bersenjata di papua; serta pengamanan berbagai aksi unjuk rasa dengan jumlah massa yang besar. Demikian pula dengan torehan prestasi para personel brimob di berbagai event kejuaraan menembak dan penugasan lain di luar negeri.

Eksistensi yang telah ditunjukkan satuan brimob, turut memberikan point positif dalam upaya institusi polri untuk terus meningkatkan kepercayaan publik. Sebagaimana telah sering saya utarakan, bahwa selaku pimpinan polri saya sangat mengharapkan dukungan penuh para personel brimob, untuk mendukung tugas-tugas penting yang dibebankan kepada polri.

Kepolisian di era demokrasi bertumpu pada upaya untuk meraih kepercayaan publik/public trust, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. Untuk meraih kepercayaan publik terhadap polri, saya telah menetapkan program promoter dengan tiga kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja yang diwujudkan dengan peningkatkan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan kamtibmas secara optimal; perbaikan kultur yang diwujudkan dengan menghilangkan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menghilangkan kekerasan eksesif; serta manajemen media yang diwujudkan dengan pengelolaan media konvensional dan media sosial secara optimal.

Baca Juga :  Polsek Ujung Batu Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor

Implementasi dari program kebijakan promoter telah berjalan dengan baik, termasuk yang dilakukan oleh personel brimob utamanya dalam peran dan tugas penanggulangan gangguan kamtibmas berintensitas tinggi.

Karena itu, pada kesempatan ini pula saya mengingatkan tentang berbagai tantangan tugas ke depan yang akan segera kita hadapi, antara lain pelaksanaan operasi lilin 2018, serta pengamanan tahapan pemilu tahun 2019 yang saat ini tengah berlangsung. Pemilu 2019 memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas karena antara pileg dan pilpres dilaksanakan secara bersamaan, sehingga berpotensi menimbulkan kompleksitas dalam tahap pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara.

Seluruh agenda nasional tersebut harus terselenggara secara aman, lancar, dan damai. Sebagaimana tema yang diangkat dalam peringatan hari ulang tahun ke 73 Korps Brimob Polri tahun 2018, yaitu Korps Brimob Polri yang promoter siap mengamankan agenda Kamtibmas tahun 2018 dan 2019.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa perhatian kepada seluruh personel korps brimob polri dimanapun saudara bertugas:

Pertama, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan;

Kedua, jaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi polri, dengan menghindarkan diri dari berbagai pelanggaran dan perbuatan yang dapat merusak nama baik dan mencederai kepercayaan masyarakat terhadap institusi polri;

Ketiga, terus pelihara kesiapsiagaan personel, serta sarana dan prasarana pendukung. Laksanakan pemetaan potensi gangguan secara cermat dan persiapkan seluruh pelaksanaan tugas dengan optimal;

Keempat, jangan pernah lelah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas; serta

Baca Juga :  Warga Keluhkan Sambungan Lantai Besi Jembatan Rusak di Jambi

Kelima, jalin kerja sama sinergis dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan, dan masyarakat. Jaga kerukunan dengan personel tni di semua tingkatan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai penutup, kepada seluruh personel dan sesepuh korps brimob polri yang selama ini turut membesarkan kesatuan ini, sekali lagi saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-73 korps brimob polri, semoga kesatuan yang kita cintai ini dapat terus menunjukkan eksistensi dan manfaatnya bagi masyarakat.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Peresmian Rusun Sat Brimobda Polda Riau, serta adapun arahan Kapolda Riau dalam Peresmian Rusun Sat Brimobda Polda Riau, Selamat ulang tahun Brimob yang ke 73, Brimob sudah melakukan tugas nya dengan sangat baik dengan penangan event dan tugas seperti di Palu dan Donggala serta di operasi kemanusiaan yang lainnya, Kita sebagai manusia yang di ciptakan di Bumi Indonesia harus siap dengan segala apa yang akan terjadi, karena Indonesia masuk dalam cincin api yang rawan kena bencana, Semangat juga kepada anggota yang akan menempati rumah dinas baru agar tetap semangat dan memberikan pengabdian terbaik kepada Brimob dan Polri.

Setelah Kapolda Riau selesai memberikan Arahan kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada Anak Yatim Piatu dari Anggota Brimobda Polda Riau dan dilanjutkan dengan Pemotongan Pita oleh Ibuk Ketua Bhayangkari Daerah Riau Sebagai Tanda diresmikannya Rusun Satbrimobda Polda Riau yang baru.

Setelah selesai melaksanakan Peresmian Rusun Satbrimobda Polda Riau kemudian acara dilanjutkan dengan Syukuran Hut Brimob Polri di Gedung Bhayangkara Satbrimobda Polri.

Editor : Red
Sumber : Tribunterkini

Komentar

Berita Lainnya