Ini Cara Mudah Berhenti Merokok sekaligus Hilangkan Jejak Racun di Dalam Tubuh

Kesehatan358 Views

TERASRIAU.COM – Secara garis besar masyarakat Indonesia sendiri bisa dikatakan sudah menjadi perokok. Hal itu bisa dikategorikan dari jumlah perokok aktif yang kian menjamur. Bahkan di lingkunganmu pasti salah satunya perokok bukan? Secara tidak langsung Anda yang tidak merokok pun jadi perokok pasif.

Tak cuma tinggal satu lingkungan dengan perokok, segala aktivitas seperti melalui asap yang dihirup, sering berciuman oleh pasangan yang merokok, dan saat menggunakan gelas atau sendok bersamaan. Kandungan racun yang ada di dalam mulut penghisap rokok jauh lebih besar dan juga merasuk ke tubuh Anda yang tidak merokok.

Maka dari itu sayangi orang-orang terdekat agar tidak merasakan racun yang berbahaya, dengan menjadi seorang anti rokok. Memang membuat kecanduan karena adanya kandungan nikotin yang terkandung, padahal bahayanya sudah jelas nyata dan selalu diingatkan pada setiap kemasan.

Tetapi berhenti merokok tidak ada yang tak mungkin jika semua dilakukan dengan niat tulus. Sebelum penyakit berbahaya terjadi pada diri Anda, berikut cara untuk mengatasi penghentian merokok, lansiran dari The People, Jumat (16/11/2018).

Teguhkan niat

Rokok tidak memberikan kesehatan, miliki kekuatan dalam hati agar terus bisa mendorong otak supaya jauh dari pikiran merokok. Ingat saat pertama kali memutuskan untuk mencoba rokok Anda bisa menjalaninya, maka dari itu putuskanlah kembali niat yang sudah berjalan tersebut.

Aktif berolahraga

Pergilah ke tempat gym, dan gunakan waktu agar mengahasilkan keringat sehat yang bisa mendorong racun keluar dari tubuh. Dengan sering melakukan hal ini, maka rasa lelah berolahraga bisa membantu Anda agar mengurangi rasa ingin menghisapnya.

Minum air putih

Air membantu menyiram nikotin dari tubuh Anda, semakin banyak minum maka racun bisa berkurang secara cepat. Saat rasa asam pada mulut sudah muncul dan mengajak untuk menghisap rokok, cobalah dengan langsung minum segelas air dingin.

Ubah gaya hidup

Jika Anda selalu ditemani secangkir kopi setiap pagi atau siang hari, coba ganti dengan sebuah teh hangat. Dan hindari merokok setelah makan, karena bisa membuat semua itu berubah menjadi racun.

Cari dukungan teman

Merokok memiliki kendali atas keberadaan emosional dan fisik Anda, maka dari itu ketergantungan ini sangat sulit dihindari. Agar cepat cari layanan konseling atau teman dekat untuk selalu mempertahankan atau mengingatkan semua kendala dan segera melewati tahap sulit ini.

Konsumsi obat

Dua obat non-nikotin bupropion (Zyban), dan varenicline (Chantix) yang disetujui FDA juga membantu perokok untuk berhenti. Tetapi tetap perlu dengan resep dokter jika ingin mengonsumsinya.

Terapi alternatif

Terapi alternatif seperti, filter, alat pencegah merokok, lolipop, sedotan, lip balm, hipnosis, akupunktur, terapi magnet, terapi laser dingin, herbal dan suplemen, yoga, dan meditasi, juga mampu mengatasi seorang yang ingin berhenti meroko.

Bijaksanalah untuk memutuskan yang terbaik agar membuat hidup Anda lebih baik. Semoga berhasil!

Sumber: Okezone.com