oleh

Gempa Jumat Dini Hari Mengguncang Yogyakarta, 5,1 SR, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Yogyakarta (Terasriau.com) Berdasarkan info Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika / BMKG, gempa terjadi pada Jumat (30/11) pada pukul 03.42 WIB.

Lokasi gempa berada di 122 kilometer barat daya Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Titik koordinat gempa berada di 8,84 Lintang Selatan dan 109,74 Bujur Timur dengan kedalaman gempa mencapai 18 kilometer di bawah laut

Berikut data informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Terjadi pukul 03:42:04 WIB Lintang -8.84 Bujur 109.74 Magnitudo 5.1, Kedalaman 18 Km Wilayah 122 km Barat Daya KULONPROGO-DIY.

Untuk Ketenangan Batin, Ini Doa Ketika Terjadi Gempa
Letak Indonesia yang berada di Ring of Fire membuatnya kerap diguncang gempa.

Tak jarang pula, ketika kekuatan gempa cukup besar akan memicu datangnya gelombang tsunami.

Ketika menghadapi fenomena yang tidak bisa dihindarkan ini, selain mempersiapkan mitigasi bencana, ikhtiar batin pun perlu dilakukan.

Salah satunya adalah dengan memanjatkan doa ketika bencana tersebut terjadi.

Adapun doa agar dilindungi dari segala bentuk bencana, termasuk gempa dan tsunami, TribunStyle.com lansir dari eramuslim.com.

DOA KETIKA GEMPA BUMI

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ

ALLAHUMMA INNII AS’ALUKA KHOIROHAA, WA KHOIROMAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIH, WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHAA WASYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA ARSALTA BIH.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini.”

Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.

Atau bisa juga memanjatkan doa berikut.

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Ya Allah! Angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang.

Sumber : Tribunnews
Editor : adjoe

Komentar

Berita Lainnya