oleh

10.000 Hektare Lahan di Siak Dibagikan Kepada Masyarakat

SIAK, terasriau.com — Program Redistribusi Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di Kabupaten Siak akan dilaksanakan meliputi lahan seluas 10.000 hektare.

Namun untuk tahap awal, lahan yang akan dibagikan itu luasnya meliputi 4.000 hektare tanah yang diperuntukkan untuk masyarakat yang berada di Sembilan kampung di tiga kecamatan.

Kampung tersebut meliputi Teluk Masjid, Lalang, Bunsur dan Mengkapan yang berada di Kecamatan Sungai Apit. Sei Barbari, Sungai Limau, Pebadaran dan Dusun Pusaka di Kecamatan Pusako dan Kampung Koto Ringin di Kecamatan Mempura.

“Tahun ini kami berupaya melaksanakan Reforma Agraria yang objeknya berada di kabupaten Siak. Luasnya lebih kurang 10.000 Ha. Pada tahap pertama tahun 2018 ini akan diredistribusikan seluas 4.000 hektare di sembilan kampung yang ada di tiga kecamatan,” kata Kakanwil BPN Riau Lukman Hakim di Siak, Selasa.

Lukman menyebutkan, tujuan dari redistribusi itu adalah  untuk menata ulang ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah kearah yang lebih berkeadilan. Sehingga tanah dapat menjadi sumber penghidupan dan kesejahteraan bagi masyarakat luas.

“Masing-masing masyarakat mendapatkan lahan seluas 0,8 Ha, untuk itu kelola dengan baik lahan tersebut agar bisa menjadi sumber pendapatan keluarga,” ujarnya.

Lukman menambahkan, adapun syarat untuk calon penerima lahan tersebut di antaranya warga negara Indonesia, bertempat tinggal di kecamatan atau tiga lokasi lahan tersebut, berusia minimal 18 tahun atau sudah pernah menikah. Menguasai atau mengusahakan sendiri secara aktif atas tanah pertanian dimaksud.(*/rgr)

 

Komentar

Berita Lainnya